Bingung Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil? Begini Caranya

  AGEN FIFORLIF      
Bingung Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil? Begini Caranya - Kali ini kita bakal meng-optimalkan aksesoris sistem audio pada kendaraan mobil truk atau bis agar lebih maksima enak di dengar dan yang tentu mantab. Pasang ampli(Amplifier) dan Subwoofer, Umumnya pada mobil cangih keluaran terbaru kelas premium saat ini sudah di lengkapi dengan sistem audio seperti Amplifier dan subwoofer. Tapi, tak seluruh mobil terbaru di bekali dua  komponen aksesoris audio itu. Jika mobil kamu bukan termasuk golongan mobil canggih kelas premium, maka bisa diduga bahwa pada sound sistem-nya merupakan head unit bawaan aslinya.

Bingung Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil? Begini Caranya

Sistem audio bawaan pabrik yang di sebut HU (head Unit), umumnya cukup berkelas dan mempunyai mutu yang cukup bagus. Tetapi, jika anda merasa head unit bawaan aslinya ini kurang memuaskan selera kamu dan mau mengoptimalkan lagi supaya sistem audio anda lebih masimal, kamu bisa menambahkan lagi komponen audio sistem pendukung, iaitu dengan menampahkan Amplifier dan subwoofer.

Jika demikian yang kamu inginkan, mungkin anda dapat membeli 1  unit ampli dan 1  unit subwoofer di toko onderdil atau toko electronik terdekat. Tapi, ada baiknya anda perhatikan beberapa kiat yang perlu kamu ketahui ketika akan membeli ampli (Amplifier) dan subwoofer.
Memilih Jenis Amplifier Yang Sesuai Kebutuhan
Untuk project audio sistem sederhana ini kita bisa memilih 1  unit ampli dengan saluran 4 chanel saja.

Bingung Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil? Begini Caranya

Memilih Subwoofer Dan Speker yang tepat

A. Agar lebih praktis saat pemasangan, ukuran Subwoofer - Hal ini karena kita akan menempatkan memasang subwoofer pada kendaraan, sebaiknya untuk sobwoofer di sesuaikan dengan kendaraan Silakan tentukan besar tipis dan kedalaman subwoofer yang sesuai. Ukuran sobwoofer yang paling populer adalah subwoofer 10" serta dua belas inchi. Namun pilihan lain merupakan 6,5, 8, tiga belas , lima belas serta delapan belas inci. 
B. menyesuaikan Amplifier dengan speaker dan subwoofer - Di sarankan mengunakan subwoofer power berdasarkan apa yang direkomendasikan RMS power rating-nya. Jika Impedansi Subwoofer mobil mampu dinilai pada 2 ohm empat ohm atau daya delapan ohm, subwoofer power rating disesuaikan oleh maka untuk dengan amplifier pastikan peringkat daya diperkirakan untuk daya ohm-nya sama.

Langkah-langkah Pasang Audio Sistem Amplifier Dan Subwoofer Pada Mobil


Untuk pemasangan Ampli dan subwoofer ini sebenarnya tidaklah susah sekali. Kita cuma perlu tetap pertahankan HU Head Unit dan speaker-speaker bawaan aslinya. Biasanya standard penempatan untuk speaker-speaker pada mobil terletak di ujung bawah panel-panel pintu depan dan belakang (type non sedan) atau di ujung bawah panel-panel pintu depan dan di atas rak di belakang kursi jok belakang (type sedan). Sedangkan untuk tweeter, pada sejumlah jenis mobil sudah ada yang sudah dipasang di area pilar A. Bila Anda tak menjumpainya, berarti bisa diduga speaker-speaker yang dipakai pada mobil Anda berjenis coaxial. 

Sistam audio cukup simple yang hanya terdiri dari HU (Head Unit) dengan ampli built in, biasanya berdaya 100W, yang cukup untuk drive dua unit dua way split speaker dan dua unit tiga way coaxial speaker.

Biar audio sistem menjadi maksimal, kita bisa menambahkan satu  unit Amplifier 4ch dan Subwoofer. mari kita lihat lagi susunan diagram sesudah di tambahkan Amplifier 4ch dan Subwoofer di bawah ini.

Design ini merupakan design paling simpel dalam melakukan pembaruan audio sistem mobil. Dengan tetap mempertahankan HU Head Unit, split speaker, coaxial speaker seperti ini, Maka kita tak perlu keluarkan banyak budget tapi sudah mempunyai sistem audio yang mantab.

Kaidah Instalasi Amplifier Audio Mobil

Sebelum memasang ada sejumlah perihal yang perlu di ketahui, diantaranya adanya jalur power supply dengan tiga terminal yakni Rem, B+ dan GND. Ketiga terminal itu mempunyai arti sebagai berikut :
  1. B+ atau +12V - Berfungsi untuk kabel power positif dari Aki dengan kemampuan arus besar. Mesti mengunakan fuse kurang lebih 100A.
  2. GND atau Ground
  3. Pada power amplifier Audio Mobil untuk sambungan kabel ke Body.
  4. REM pada power amplifier - Berfungsi untuk meremote hidupnya power amplifier. jikaterminal untuk rem ini tersambung dengan kabel tulisan remote yang terdapat pada tape atau head unit maka jika kita hidupkan HU (head Unit) secara otomatik ampli juga hidup.
  5. penting : Tidak tutup Kepala Battrey Negative - setiap kerja kelistrikan pada kendaraan untuk menghindari konslet.

Bingung Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil? Begini Caranya


Langkah Pemasangan Amplifier Audio Mobil

1- Siapkan kabel merah untuk di sambungkan dari aki dan pasang sekring(Fuse) kurang lebih 50 cm sesudah aki, selanjutnya menghubungkan kabel yang keluar dari sekring(fuse) ke amplifier + 12Volt DC.

2- Selanjutnya, pasang kabel ground pada pada salah satu baut yang ada dibodi mobil, pastikan baut baik kondisinya, akan lebih baik diamplas permukaan bodi hingga terlihat plat besi.

3- Langkah seterusnya, lepas head unit serta pasang kabel REM remote pada head unit sambungkan ke amplifier, kemudian pasang RCA jack yang juga terletak dibagian belakang head unit, pastikan tepat posisinya antara speaker kiri dan speaker kanan.

4- Lanjutkan memasang kabel speaker (gunakan isolasi kertas serta beri tanda untuk + dan -, kemudian pasang kabel speaker pada terminal + amplifier serta - amplifier gunakan sekun serta solder biar kuat dan rapih.

5- Lalu memasang subwoofer. Pasang kabel subwoofer + serta - dan sesuaikan juga yang di amplifier sama seperti tersebut posisinya.

6- Pastikan amplifier sudah terpasang dengan duduk dengan baik.

7- Pekerjaan kita hampir Selesai dan selanjutnya pasang kembali kabel min - aki,

Silakan rapihkan tugas anda lalu on amplifier sesuai dengan karakter suara anda inginkan kalau suara yang dihasilkan pada masing-masing speaker terdengar cukup baik

Demikian tadi artikel kami tentang Cara Pasang Amplifier Audio Mobil Dan Subwoofer. Kami berharap artikel ini dapat berguna terutamanya bagi yang sedang mencari informasi tentang Cara Pasang Subwoofer Atau Amplifier Audio Mobil atau informasi yang berkaitan, misalnya Cara Pasang Head Unit Sistem Audio Mobil. Jika terdapat salah tulis, salah ejaan atau terdapat penyampain yang kurang di fahami kami sebelumnya minta maaf. Biar tak ketinggalan update postingan terbaru seputar otomotif dan technologi, jangan lupa kunjungi kembali Silakan bantu share... 

logoblog

Thanks for reading Bingung Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil? Begini Caranya

Newest
You are reading the newest post
Oldest
You are reading the latest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar